Senin, 05 Desember 2022

Apa itu Peta Situs XML? Peta situs XML adalah daftar halaman terstruktur di situs web Anda yang ingin dirayapi dan diindeks oleh mesin telus...

Membuat Sitemap (Peta Situs) XML

Apa itu Peta Situs XML?

Peta situs XML adalah daftar halaman terstruktur di situs web Anda yang ingin dirayapi dan diindeks oleh mesin telusur. Ini adalah alat yang berguna untuk membantu perayap mesin telusur memahami struktur situs web Anda, mengetahui halaman mana yang harus dirayapi, kepentingan relatifnya, dan kapan terakhir kali diperbarui.

Peta Situs XML

XML adalah bahasa markup seperti HTML. File sitemap biasanya disimpan sebagai sitemap.xml di direktori root server web Anda.

Catatan: File robots.txt adalah file di situs Anda yang dapat digunakan untuk memberi tahu perayap mesin telusur halaman mana yang tidak boleh diindeks, seperti halaman konfirmasi untuk formulir kontak atau halaman keranjang belanja Anda. Anda harus konsisten antara peta situs XML dan file robots.txt dan tidak memiliki informasi yang bertentangan tentang suatu laman.

Meskipun tidak penting untuk SEO, peta situs XML adalah ide yang bagus karena sejumlah alasan:

Peta situs menyajikan struktur yang jelas.

Peta situs membantu crawler mesin telusur memahami struktur situs web Anda dan membantu mereka memprioritaskan halaman yang paling penting untuk dirayapi pada awalnya.

Struktur Situs

Peta situs memberikan informasi temporal.

Menyertakan tag <lastmod> dan <changefreq> di peta situs xml Anda memberi tahu mesin telusur kapan halaman terakhir diubah dan seberapa sering halaman tersebut kemungkinan akan berubah. Memperbarui dan meningkatkan konten secara teratur adalah praktik SEO yang baik dan menyertakan tag ini sebagai pengingat bagi mesin telusur untuk memperbarui versi halaman mereka.

Peta situs membantu perayap untuk mengindeks halaman tanpa tautan internal.

Beberapa halaman Anda mungkin tidak memiliki tautan internal yang mengarah ke halaman tersebut, sehingga menyulitkan mesin telusur untuk merayapinya. Peta situs membantu mesin telusur menemukan semua halaman penting di situs Anda. Sisi lain dari hal ini adalah bahwa peta situs yang dibangun dengan baik dapat menyamarkan navigasi situs yang buruk sehingga penting untuk memperhatikan bagaimana perayap mesin telusur dan manusia menavigasi ke situs Anda.

Generator Peta Situs XML

Tugas membuat dan memelihara peta situs XML akan sangat bergantung pada ukuran situs web Anda. Untungnya ada beberapa alat pembuat peta situs XML hebat yang melakukan banyak pekerjaan berat dan secara otomatis memperbarui peta situs Anda saat Anda membuat perubahan pada situs web Anda. Berikut adalah beberapa alat yang paling populer:

https://www.xml-sitemaps.com/

https://www.screamingfrog.co.uk/

https://yoast.com/

Contoh Peta Situs XML

Sedikit pengetahuan tentang struktur peta situs XML dapat bermanfaat baik saat Anda meluncurkannya sendiri atau menggunakan salah satu alat pembuat peta situs yang disebutkan di atas.

Berikut adalah contoh dasar peta situs XML yang menyertakan hanya dua halaman situs web untuk tujuan ilustrasi. Setiap tag <url> berisi sejumlah tag yang membantu mendeskripsikan halaman ke perayap mesin telusur.

Kode Peta Situs XML

<loc> berisi lokasi lengkap halaman Anda dan harus diawali dengan protokol (misalnya http:// atau https:// )

<lastmod> berisi tanggal halaman terakhir diubah. Waktu secara opsional dapat disertakan di sini menggunakan Format Tanggal dan Waktu W3C .

<changefreq> berisi frekuensi pembaruan halaman yang Anda harapkan. Nilai dapat mencakup selalu, per jam, harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan tidak pernah.

<priority> berisi nilai antara 0,0 dan 1,0 dan menandakan ke mesin telusur seberapa penting laman di situs Anda dibandingkan satu sama lain. Nilai standarnya adalah 0,5. Menetapkan nilai yang lebih tinggi ke halaman menunjukkan kepada mesin pencari bahwa Anda lebih mementingkan halaman itu dalam hal prioritas perayapan.

Pelajari lebih lanjut tentang format peta situs XML

Membuat Peta Situs Anda Tersedia

Setelah Anda mengunggah peta situs Anda ke situs web Anda atau menggunakan alat pihak ketiga untuk membuatnya untuk Anda, itu harus tersedia di url seperti ini: https://mywebsite.com/sitemap.xml

Menempatkan baris berikut di file robots.txt Anda akan membuat perayap mesin telusur mengetahuinya:

Sitemap: https://mywebsite.com/sitemap.xml

Mengirimkan Peta Situs XML Anda ke Google

Anda juga dapat mengirimkan peta situs Anda langsung ke Google menggunakan alat Peta Situs Search Console mereka.

Jika ada yang bisa kami bantu, jangan ragu untuk menghubungi kami. Anda dapat membalas email ini, atau Hubungi Tim Dukungan Kami di situs web MSP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Divisi EB, melayani kebutuhan konsumen yang berhubungan dengan bidang Teknologi Informasi. Utamanya adalah memanfaatkan Teknologi informasi yang dimiliki oleh konsumen untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan konsumen itu sendiri. Diharapkan dari adanya layanan ini, perusahaan konsumen bisa lebih maju dan dikenal luas.



Cari Produk
Cari Artikel

Chat us

Jalur Pembayaran

Jalur Pembayaran
PT. MSP menerima pembayaran dari Paypal, BNI, Link Aja, Tunai