Senin, 15 Juli 2024

3000000   Jasa Konsultan Pemeringkatan Webometrics bagi Perguruan Tinggi Memiliki Fungsi: Pemaparan strategi apa saja yang perlu dilakukan o...

Konsultan Pemeringkatan Webometrics bagi Perguruan Tinggi

Konsultan Pemeringkatan Webometrics bagi Perguruan Tinggi
3000000



 

Jasa Konsultan Pemeringkatan Webometrics bagi Perguruan Tinggi

Memiliki Fungsi:

  1. Pemaparan strategi apa saja yang perlu dilakukan oleh kampus agar peringkat webometrics-nya bisa meningkat.
  2. Best practice kampus lain, dibandingkan kampus anda.
  3. Optimalisasi sumber daya kampus agar bisa terindeks dengan baik oleh Webometrics.

Fitur yang diperoleh:

  1. Slide pemaparan
  2. Rencana pendampingan, jika ingin dilanjutkan
  3. Rekaman online meeting

Fitur pendukung:

  1. Mindmaps dan laporan raw data hasil crawling

Syarat dan Ketentuan

Pendampingan Konsultan Pemeringkatan Webometrics bagi Perguruan Tinggi ini memiliki syarat dan ketentuan sebagai berikut:
  1. Pembayaran dilakukan dimuka, maksimal 4 hari sebelum pertemuan dilakukan
  2. Pertemuan dilakukan secara Online melalui Zoom Meet
  3. Belum termasuk biaya akomodasi jika menginginkan pertemuan secara tatap muka
  4. 1 sesi pertemuan selama 2 jam, 1,5 jam pemaparan, 30 menit tanya jawab
  5. Khusus untuk konsumen di wilayah Indonesia


Manfaat

Tidak seperti akreditasi BAN-PT yang melakukan penilaian melibatkan peninjauan langsung dan pengecekan borang yang didaftarkan oleh universitas yang dinilai, Webometrics melakukan penilaian sepenuhnya secara online, menggunakan metodologi yang berbasis website. Mungkin karena itulah, banyak yang salah mengira dan menganggap bahwa Webometrics merupakan penilaian kinerja website universitas, dan tidak mencerminkan kualitas akademik sebuah universitas.

Webometrics dalam situs resminya menyatakan bahwa Webometrics Ranking of World Universities bukan merupakan pemeringkatan atas website universitas, tetapi merupakan pemeringkatan aktivitas penelitian dan akademik universitas yang direpresentasikan pada ranah online. Metodologi pengukurannya berlandaskan studi kuantitatif, riset scientometric dan bibliometric.

Pada dasarnya, sebuah universitas dapat meningkatkan ranking Webometrics dengan memperbanyak publikasi ilmiah pada website-nya. Tidak hanya itu saja, publikasi tersebut juga harus berkualitas tinggi, yang ditunjukkan dengan banyaknya rujukan pada publikasi tersebut. Hal ini seiring dengan tujuan utama Webometrics, yaitu mempromosikan keterbukaan akses informasi akademik, dan meningkatkan transfer ilmu pengetahuan dari universitas kepada masyarakat luas.

Dengan kata lain, sebuah universitas yang menduduki ranking Webometrics tinggi, dapat dipastikan memiliki publikasi akademik dengan kuantitas dan kualitas yang tinggi, serta memiliki website yang terkelola dengan baik.

Untuk itu webometrics sangat berperan penting bagi perguruan tinggi, khususnya untuk mencapai tujuan berikut:

  1. Peningkatan Visibilitas Online: Webometrics membantu perguruan tinggi untuk meningkatkan visibilitasnya di ruang daring melalui peringkat dan indeks yang diterbitkan secara berkala.
  2. Menarik Mahasiswa dan Staf Baru: Peringkat yang baik dalam Webometrics dapat meningkatkan daya tarik institusi untuk calon mahasiswa, dosen, dan staf akademik yang ingin bergabung.
  3. Kolaborasi dan Jaringan Internasional: Institusi dengan peringkat tinggi cenderung lebih menarik bagi institusi lain untuk menjalin kemitraan, kolaborasi penelitian, dan pertukaran akademik.
  4. Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Penelitian: Peringkat yang baik dapat meningkatkan akses ke sumber daya, dana penelitian, dan kerja sama internasional, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan jumlah publikasi ilmiah.
  5. Pencitraan dan Reputasi: Peringkat yang tinggi dapat memberikan citra yang baik bagi institusi, yang dapat mempengaruhi reputasi global dan nasional mereka.
Bukan gengsi semata, peringkat Webometrics dapat menggambarkan seberapa besar sebuah institusi perguruan tinggi, seberapa banyak dan aktifnya peneliti dan penelitian yang dilakukan, seberapa besar ketersediaan akses informasinya, juga seberapa mudah institusi tersebut dijangkau secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Divisi EB, melayani kebutuhan konsumen yang berhubungan dengan bidang Teknologi Informasi. Utamanya adalah memanfaatkan Teknologi informasi yang dimiliki oleh konsumen untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan konsumen itu sendiri. Diharapkan dari adanya layanan ini, perusahaan konsumen bisa lebih maju dan dikenal luas.



Cari Produk
Cari Artikel

Chat us

Jalur Pembayaran

Jalur Pembayaran
PT. MSP menerima pembayaran dari Paypal, BNI, Link Aja, Tunai