Kamis, 08 Agustus 2024

Setiap jurnal ilmiah perlu menerima jumlah kunjungan yang signifikan dan meningkatkan visibilitasnya untuk meningkatkan peluang diakui dan d...

5 Langkah Mudah Meningkatkan Visibilitas Jurnal Ilmiah Anda

Setiap jurnal ilmiah perlu menerima jumlah kunjungan yang signifikan dan meningkatkan visibilitasnya untuk meningkatkan peluang diakui dan dikutip. Namun, tugas ini tidaklah mudah. Strategi atau langkah diperlukan untuk membantu kami meningkatkan jangkauannya.


5 langkah mudah meningkatkan visibilitas jurnal akademik Anda


Meningkatkan visibilitas jurnal hasil penelitian dapat dilakukan jika Anda mempraktikkan beberapa rekomendasi yang kami miliki. Tidaklah cukup hanya diindeks di banyak direktori dan database; Ada faktor lain yang harus Anda pertimbangkan.


Selanjutnya, coba langkah mudah yang akan kami jabarkan.

5 Langkah Mudah

1. Optimalkan SEO jurnal ilmiah Anda

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pengguna atau pembaca menelusuri Anda? Mengapa majalah online Anda lebih sedikit kunjungannya? Atau mengapa pesaing Anda lebih terlihat? Anda mungkin gagal dalam suatu hal, jadi mulailah dengan menganalisis dan meningkatkan posisi mesin pencari Anda.


Untuk meningkatkan visibilitas jurnal akademis Anda, penting bagi Anda mempelajari kata kunci yang relevan , serta tag meta dan deskripsi.


Kami merekomendasikan penggunaan alat yang membantu Anda mengidentifikasi kata kunci yang penting dalam bidang ilmiah dan akademis, dan yang dapat digunakan oleh peneliti, pembaca, dan pihak lain untuk menjangkau jurnal saat ini.


Anda dapat gunakan:

Google Keyword Planner

meningkatkan visibilitas jurnal
meningkatkan visibilitas jurnal melalui SEO


Riset Kata Kunci Semrush

analisa persaingan kata kunci melalui semrush


Pastikan untuk mencantumkan kata kunci penelitian Anda pada judul, ringkasan, dan isi artikel ilmiah Anda. Selain itu, Anda dapat memilih untuk memasukkan tag meta deskriptif dan tepat dalam kode HTML situs web Anda untuk meningkatkan visibilitasnya dalam hasil pencarian.


2. Jaminan cakupan dan keakuratan indeks dan database jurnal Anda

Perhatikan langkah ini, penting bagi Anda untuk memverifikasi secara teratur bahwa setiap artikel di majalah Anda diindeks dengan benar di database yang sesuai, memastikan penyertaan dan klasifikasi yang benar.


Sudah tentu, tugas ini harus mencakup peninjauan dan pembaruan terus-menerus untuk memeriksa keberadaan semua dokumen dan klasifikasi yang tepat. Anda harus memastikan bahwa elemen-elemen berikut sudah benar:


Tahun,

jenis dan konten dokumen,

volume,

nomor,

ringkasan,

referensi bibliografi, dll.


3. Buat konten berkualitas

Salah satu langkah yang diperlukan untuk meningkatkan visibilitas jurnal akademis Anda adalah dengan menerbitkan artikel ilmiah asli tentang topik inovatif yang ditinjau oleh rekan-rekan. Dan, sebagai tambahan, mereka membahas topik-topik yang menarik dan isu-isu terkini bagi komunitas ilmiah.


Perlu ditekankan, kami menyarankan untuk memasukkan konten pelengkap untuk memperkaya pengalaman pembaca dan mendorong partisipasi mereka, seperti:


Infografis,

video atau podcast,

survei dan debat,

wawancara dengan penulis atau tokoh penting,

seminar web,

sumber belajar, dll.


4. Memperingatkan penulis dan peneliti tentang pengindeksan jurnal yang baru

Agar jurnal ilmiah lebih terlihat, penting untuk menjaga komunikasi yang efektif dengan personel yang terlibat . Peneliti dan penulis jurnal harus mewaspadai setiap pengindeksan atau pengakuan baru yang diperoleh.


Komunikasi yang terbuka dan terus-menerus tidak hanya mempererat hubungan dengan penulis, namun juga menciptakan ikatan rasa memiliki dengan majalah dan komunitasnya. Penting untuk mengkomunikasikan kemajuan atau perbedaan apa pun, karena kontribusi terhadap keberhasilan jurnal membantu meningkatkan prestise penulis dan jurnal, sehingga menciptakan dampak yang lebih besar pada masyarakat riset.


Lebih lanjutnya, tidak hanya disarankan untuk mengirim email yang dipersonalisasi untuk menginformasikan tentang penyertaan majalah dalam database baru dan menyoroti perannya dalam mencapai pencapaian ini, namun Anda juga dapat menyarankan penulis untuk menyebarkan berita tersebut di jejaring sosial mereka, di antara kolega dan teman-temannya. .


5. Promosikan Jurnal Ilmiah Anda di Jejaring Sosial

Ingatlah bahwa sebuah majalah juga perlu dipromosikan, tidak cukup hanya berada di database yang diakui. Anggaplah majalah Anda sebagai sumber daya yang harus dijangkau oleh calon pelanggan tertentu, itulah sebabnya saat ini tidak ada yang lebih baik daripada menggunakan jejaring sosial.


Kami mengundang Anda untuk membuat profil di platform profesional seperti:

LinkedIn 

Twitter (X) 

ResearchGate 

Publon

 

Pada platform ini dan platform serupa lainnya, Anda dapat terus berbagi konten dari majalah Anda, seperti artikel baru, berita unggulan, atau acara relevan. Jangan lupa, gunakan hashtag atau bagikan publikasi Anda di grup dan forum untuk meningkatkan visibilitas jurnal ilmiah Anda.


Inti dari semuanya, penting untuk dicatat bahwa berpartisipasi dalam percakapan yang relevan di komunitas akademis Anda sangat penting untuk meningkatkan jangkauan Anda dan, dengan cara ini, memperoleh lebih banyak pandangan dan pembaca.


Kami dapat membantu aktivitas-aktivas tersebut diatas, karena memang perlu banyak waktu untuk melakukannya, silakan hubungi kami untuk solusi yang lebih mudah.


Jurus pamungkas untuk meningkatkan visibilitas Jurnal Ilmiah Anda

Perbandingan Jurnal di Scimago

Journal Comparison Scimago meningkatkan visibilitas jurnal
Journal Comparison Scimago untuk meningkatkan visibilitas jurnal


Lakukan analisis komparatif terhadap jurnal lain yang menjadi pesaing Anda . 

Pelajari persaingan: 

- konten apa yang mereka publikasikan, 

- di mana mereka mempublikasikannya, 

- dan sumber daya apa yang mereka gunakan untuk menyebarkannya.


Aplikasi Analisa

Untuk menjelajahi kompetisi, Anda bisa menggunakan 2 aplikasi:

Semrush : Anda dapat menempatkan tautan ke situs jurnal Anda dan di menu Pesaing organik utama, Anda akan dapat melihat pesaing Anda dan dari sana mulai menganalisisnya.

Jurnal SCImago & Peringkat Negara : di sesi Pemeringkatan Jurnal Anda dapat mulai mengidentifikasi posisi majalah. Untuk hasil optimal, Anda harus menerapkan filter yang diperlukan. Setelah Anda mengidentifikasi majalah yang mirip dengan milik Anda, Anda dapat menggunakan alat Perbandingan Jurnal .

Singkatnya, meningkatkan visibilitas jurnal akademis Anda memerlukan strategi yang terencana dengan baik. Mengikuti setiap langkah penting yang disebutkan dapat membuat Anda menonjol di komunitas akademis. Namun begitu, jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan praktik terbaik didunia maya.


Ref: https://paideiastudio.net/visibilidad-de-tu-revista-academica/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Divisi EB, melayani kebutuhan konsumen yang berhubungan dengan bidang Teknologi Informasi. Utamanya adalah memanfaatkan Teknologi informasi yang dimiliki oleh konsumen untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan konsumen itu sendiri. Diharapkan dari adanya layanan ini, perusahaan konsumen bisa lebih maju dan dikenal luas.



Cari Produk
Cari Artikel

Chat us

Jalur Pembayaran

Jalur Pembayaran
PT. MSP menerima pembayaran dari Paypal, BNI, Link Aja, Tunai